Halaman

BUKU TAMU

Cari Blog Ini

Senin, 26 September 2011

RANGKAIAN PENGUSIR TIKUS


Rangkaian pengusir tikus ini bisa menjadi alternatif ampuh mengusir tikus-tikus yang mungkin banyak bersarang dirumah anda. Dengan menggunakan alat pengusir tikus elektronik ini, anda tidak perlu takut dengan efek samping yang ditimbulkan oleh kebanyakan metode pengusir tikus lainnya, misalkan dengan menggunakan racun tikus, anda pasti akan khawatir dengan bangkai yang ditimbulkan olehnya, atau anda mungkin juga cemas kalau-kalau racun tikus tersebut meracuni anak anda atau mungkin diri anda sendiri. :D
Dengan menggunakan pengusir tikus elektronik ini, polusi yang ditimbulkan bisa dikatakan hampir tidak ada. Rangkaian ini bekerja dengan cara mengeluarkan suara pada frekuensi 50KHz, dan suara ini akan membuat pendengaran para tikus-tikus tersebut sangat terganggu, dan dijamin mereka akan lari tunggang langgang.
Untuk membuat alat pengusir tikus  ini hanya dibutuhkan komponen-komponen sederhana yang pastinya banyak terdapat di toko-toko elektronik di kota anda.
Sebagai komponen utama, rangkaian ini menggunakan sebuah IC 555 yang tentunya sudah sangat tidak asing lagi buat anda para penghobi elektronika. Ditambah sebuah transistor SC1162 dan beberapa resistor dan kapasitor.
Berikut gambar skema rangkaian selengkapnya:
gambar skema rangkaian pengusir tikus elektronikDaftar komponen lengkap yang dibutuhkan untuk membuat sebuah rangkaian pengusir tikus elektronik ini adalah sebagai berikut:
R1 : 1K8
R2 : 1K
R3 : 5K6
R4 : 480R
C1 : 2,2nF
C2 : 0,022uF/6V
IC : 555
Q : SC1162
Speaker 4 ohm
Bagaimana teman-teman? sederhana sekali bukan? hanya dengan modal sekitar Rp. 20.000an saja saya rasa tikus – tikus dirumah anda akan berlarian dikarenakan takut dengan rangkaian pengusir tikus elektronika ini.

4 komentar:

  1. uaduh sayang sekali dan saya merasa tertipu.saya membeli dari toko alat pengsir tikus semacam ini dengan harga Rp 90000'00.padahal ada rangkaian seperti ini dengan biaya cuma sekitar Rp 20000an saja.rangkaian ini memang ampuh terbukti saya sudah mencoba membuatnya.

    BalasHapus
  2. Gambar skemanya kok gk ad boz..?!?

    BalasHapus