Laman

berita terkini

Loading...

BUKU TAMU

Cari Blog Ini

Memuat...

Selasa, 27 September 2011

Rangkaian LED Berjalan Sederhana


Rangkaian LED banyak sekali kita temukan disekeliling kita. lampu hias, lampu indikator dan tulisan berjalan banyak memanfaatkan susunan dari lampu LED ini. Pada kesempatan kali ini kita akan coba membuat sebuahrangkaian LED yang akan menampilkan nyala lampu yang berjalan secara bergantian atau sering dikenal dengan sebutan rangkaian lampu berjalan / running LED.
Untuk membuat rangkaian led berjalan dibutuhkan beberapa komponen elektronika sederhana yaitu rangkaian multivibrator astabil, rangkaian pencacah pulsa naik-turun 4 bit (IC 74LS191) serta rangkaian dekoder 4 ke 16 (IC 74LS154).
Kecepatan pergerakan nyala LED dipengaruhi oleh besarnya frekuensi detak (clock). Setiap detak (pulsa) akan dicacah oleh IC 74LS191 dengan mode pencacahan yang dipengaruhi oleh keluaran NAND latch. Keluaran Nand Latch akan berlogika tinggi jika pin 17 dari IC 74LS154 berlogika rendah (kondisi ini akan membuat cacahan menaik). Demikian sebaliknya keluaran Nand Latch akan berlogika rendah jika pin 1 dari IC 74LS154 berlogika rendah (kondisi ini akan membuat cacahan menurun).
Ketika cacahan menaik maka nyala LED akan bergerak dari LED di pin 1 ke 17, sebaliknya maka nyala LED akan bergerak dari LED di pin 17 ke 1.
gambar skema rangkaian led berjalan sederhana
Aplikasi penggunaan lampu LED ini bisa anda terapkan untuk membuat tulisan berjalan atau lampu hias dirumah. Rangkaian LED ini akan menyalakan lampu secara bergantian dan akan nampak seperti berjalan dari kiri ke kanan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar