Laman

berita terkini

Loading...

BUKU TAMU

Cari Blog Ini

Memuat...

Selasa, 27 September 2011

Rangkaian Flip Flop


Rangkaian Flip Flopyang akan kita buat kali ini sangat sederhana. Hanya dibutuhkan satu transistor dan beberapa komponen dasar lainnya seperti resistor dan kapasitor. Catu daya yang dibutuhkan hanya 3 – 12 volt DC.
Rangkaian flip flopadalah rangkaian elektronika yang tersusun dari beberapa rangkaian dimana output dari rangkaian ini akan ditampilkan oleh dua buah Light Emitting Diode (LED) yang akan menyala berkedip secara bergantian. Karena nyala yang berkedip bergantian inilah banyak orang menyebutnya dengan nama flip flop.
Komponen yang dibutuhkan untuk membuat sebuah rangkaian LED flip flop sederhana ini adalah sebagai berikut:
R1, R3: 22 kohm
R2, R4: 150 ohm
TR1, TR2: FCS913
C1, C2: 47 volt uF/16
Baterai : 3 to 12 Volt
gambar skema Rangkaian Flip Flop sederhana
Pada rangkaian diatas cukup menggunakan baterai sebagai sumber daya yang besarannya antara 3 – 12 volt. Namun, untuk hasil kerja yang maksimum, kami sarankan pemberian catu dayanya sebesar 9volt. Catu daya ini bisa menggunakan baterai atau menggunakan adaptor DC.
Rangkaian lampu Flip Flop sederhana ini bisa anda gunakan sebagai hiasan lampu sepeda motor, ajang uji coba dan sebagai bahan untuk belajar elektronika.
Pada kesempatan yang akan datang kita akan mencoba membuat rangkaian flip flop sederhana lainnya dimana komponen utama yang dibutuhkan bukan sebuah transistor seperti yang sedang kita buat sekarang ini, melainkan  sebuah komponen 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar