Laman

berita terkini

Loading...

BUKU TAMU

Cari Blog Ini

Memuat...

Selasa, 27 September 2011

ALAT PENGHITUNG LED 7 SEGMEN


Rangkaian alat penghitung LED 7 segmentmerupakan alat penghitung sederhana yang dapat digunakan untuk menghitung pulsa maupun sebagai alat hitung lainya. Alat ini juga merupakan dasar dari berbagai penghitung yang biasa digunakan pada toko-toko maupun tempat lainya. Rangkaian ini merupakan rangkaian TTL dan harus menggunakan masukan TTL . Alat ini dapat anda kembangkan dengan mudah karena merupakan rangkaian yang sederhana.
Anda dapat menambahkan jumlah digit yang anda inginkan pada rangkaian alat penghitung LED 7 segment ini sesuai dengan keinginan anda dengan cara membangun rangkaian lainya sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat menambahkan rangkaian baru dengan cara menghubungkan pin 11-6 pada persimpangan dan menghubungkan pin 14 dengan komponen 74LS90 di sirkuit lainnya.
gambar skema rangkaian alat penghitung LED 7 segment
Berikut ini adalah komponen yang anda butuhkan untuk membuat rangkaian LED 7 segment ini:
R1-R7 7 470 Ohm 1/4 Watt Resistor
U1 1 74LS90 TTL BCD Counter IC 7490,74HC90
U2 1 74LS47 TTL Seven Segment Display Driver IC 7447,74HC47
DISP1 1 Common Anode 7 Segment LED Display
MISC 1 Board, Sockets For ICs, Wire
Rangkaian diatas merupakan rangkaian dasar dengan satu digit angka, jika anda membutuhkan penghitung dengan beberapa digit angka anda bisa menambahkan rangkaian lain sesuai dengan kebutuhan anda. Dengan format masukan TTL anda bisa menghitung apa saja dengan menggunakan Rangkaian alat penghitung LED 7 segment ini.

1 komentar:

  1. Gambarnya ada gak ya gan?

    Setiyono
    princsetiy@yahoo.com
    www.jayabhaya.com
    From : Yogyakarta Special Region

    BalasHapus